Home / Opinion

Tuesday, 19 January 2021 - 11:42 WIB

ADA ORANG-ORANG YANG SANGAT TERGANGGU KARENA DEWAN GEREJA PAPUA (WPCC) BELUM KOMENTAR TENTANG PEMBAKARAN PESAWAT MAF OLEH ORANG TAK DIKENAL (OTK)

KOMDISI PESAWAT MAF YANG TERBAKAR DI INTAN JAYA

KOMDISI PESAWAT MAF YANG TERBAKAR DI INTAN JAYA

SIAPA YANG MEMBAKAR PESAWAT MAF DI INTAN JAYA ?

ADA ORANG-ORANG YANG SANGAT TERGANGGU KARENA DEWAN GEREJA PAPUA (WPCC) BELUM KOMENTAR TENTANG PEMBAKARAN PESAWAT MAF OLEH ORANG TAK DIKENAL (OTK)

Moderator Dewan Gereja Papua (WPCC) Pdt. Dr. Benny Giay menyampaikan sikap WPCC sebagai berikut: “Kami membaca berita tentang pesawat MAF yang di bakar 6 Januari 2021. Kami mendapat Laporan ada Pimpinan Gereja yang mendapat tekanan/ pertanyaan dari banyak pihak: Mengapa Gereja belum mengutuk OPM? Jawaban kami: ‘Kami tidak bisa keluarkan pernyataan begitu saja, sebelum kita melakukan investigasi.”

Pada 11 Januari 2021, Kapolda Papua, Paulus Waterpauw forward isi pesan komentar orang kepada saya sebagai berikut:

“Bakar pesawat MAF tapi tdk ada pendeta satupun yang bicara keras kutuk tindakan KKB. Heran sekali. Padahal MAF yang bikin dong pake celana dan tau baca bisa jadi Gubernur dan Bupati.”

Pertanyaan Dewan Gereja Papua (WPCC) kepada publik sebagai berikut:

  1. Mengapa ada orang-orang yang sangat terganggu dengan belum dikeluarkannya pernyataan resmi dari Dewan Gereja Papua (WPCC) tentang peristiwa dibakarnya pesawat MAF oleh OTK pada 6 Januari 2021?
  2. Mengapa ada orang-orang memaksa Dewan Gereja Papua (WPCC) untuk mengutuk OTK yang membakar pesawat MAF di Intan Jaya?
  3. Apakah sejak tahun 1965-2020 selama 55 tahun OPM pernah bakar pesawat MAF dan menewaskan para pendeta dan pastor?

OPM berjuang untuk misi dan tujuan politik bangsa West Papua merdeka bukan bakar-bakar pesawat dan menewaskan rakyat sipil.

BACA JUGA  KETIKA MENYEBUT NAMA PENDETA SOCRATES SOFYAN YOMAN, MAKA INGATAN ORONG HANYA DUA; IA SEORANG PENDETA & JUGA PENULIS ASAL PAPUA YANG UNIK

Dulu, OPM ada di PNG, di Australia, ada di Senegal, ada di Swedia, ada di Belanda dan ada Vanuatu untuk misi bangsa dengan cara-cara bermartabat dan terhormat. OPM belum dan tidak pernah membuat onar.

Moderator Dewan Gereja Papua (WPCC) dengan tepat dan sempurna menyatakan:

“Hari ini dengan banyaknya berita-berita di media sosial tentang TNI POLRI jual beli senjata & amunisi kepada OPM (tidak perlu apakah itu OPM benaran atau bayaran) kita harus investigasi sebelum vonis OPM sebagai pelaku & sebelum kami lihat Tanàh ini melihat demilitarisasi. Tarik militer dulu. Íni kami ajukan berdasarkan atau merujuk kepada pertanyaan-pertanyaan inti yang Kita mau gali: terkait motivasi, siapa yg bakar dan kepentingan nya & bagaimana? Selain pertanyaan ‘mengapa pihak keamanan menekan Gereja utk vonis OPM sebagai pelaku’. Ini juga karena Sejarah MAF beroperasi di Tanah Papua tidak pernah jelas: kadang bermitra dagang Keamanan/ABRI dalam operasi militer tetapi juga aktif dalam Pekabaran Injil.”

Apa yang disampaikan Moderator Dewan Gereja Papua (WPCC), Pdt. Dr. Benny Giay merupakan posisi resmi WPCC tentang siapa pelaku pembakaran pewasat MAF pada 6 Januari 2021 di Intan Jaya.

BACA JUGA  ISU RASIALISME DAN ISU HAM PAPUA : DUA INSTRUMEN DIPLOMASI PAPUA MERDEKA

MARI, Kita sama-sama mendorong dan mendukung Tim investigasi internasional untuk menyelidiki siapa sebenarnya pelaku pembakaran pesawat milik MAF pada 6 Januari 2021.

Ita Wakhu Purom, 19 Januari 2021

Badan Pelayan Pusat
Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua

Presiden,

Dr. Socratez S.Yoman,MA

Anggota:

  1. Dewan Gereja Papua (WPCC)
  2. Konferensi Gereja-gereja Pasifik (PCC)
  3. Aliansi Baptis Dunia (BWA)

Share :

Baca Juga

Opinion

MEDIA MASSA ADALAH JANTUNG BANGSA ATAU NEGARA DALAM NEGARA
Moderator Dewan Gereja Papua (Wpcc) Pdt. Dr Benny Giay

Opinion

‘INDONESIA BELUM MENGINDONESIAKAN PAPUA,WALAUPUN INDONESIA SUDAH MERDEKA 74 TAHUN’: GUB PROV. PAPUA’, LE.
Marinus Yaung

Opinion

ISU RASIALISME DAN ISU HAM PAPUA : DUA INSTRUMEN DIPLOMASI PAPUA MERDEKA
Mr. Theo Hesegem

Opinion

Pemerintah Jakarta Sering Gagal, Melibatkan Orang-Orang Pro Terhadap Papua Merdeka Atau Orang-Orang Pejuang Perdamaian Dan Keadilan
normshedpapua

Kisah Inspiratif

KISAH SINGKAT ROHINGYA DARI BANGLADESH KE RAKHINE AKHIRNYA DIRELOKASI KE PULAU BHASAN CHAR

Opinion

SEJARAH SINGKAT PERUBAHAN NAMA GEREJA BAPTIS PAPUA
Dr. Socratez Sofyan Yoman, MA

Opinion

Topeng-Topeng Rasisme, Kolonialisme, Militerisme, Kapitalisme Penguasa Kolonial Modern Indonesia Di Papua Barat
KEGELISAHAN HATI SAYA SELAMA DI PAPUA

Opinion

KEGELISAHAN HATI SAYA SELAMA DI PAPUA DAN SAYA MENEMUKAN JAWABANNYA DALAM BUKU DAN ARTIKEL GEMBALA DAN GURU BANGSA DR. SOCRATEZ S.YOMAN, MA