Home / Reality/Fact

Thursday, 27 January 2022 - 01:09 WIB

Dewan Gereja Papua dan Pastor Pribumi menanggapi Pa Peter Prove bicara Pelanggaran HAM di Papua bukan Ruang Kosong

PRESIDENT-GIDI-PDT.-DORMAN-WANDIKBO

PRESIDENT-GIDI-PDT.-DORMAN-WANDIKBO

DEWAN GEREJA PAPUA DAN PASTOR PRIBUMI MENANGGAPI PA PETER PROVE BICARA PELANGGARAN HAM DI PAPUA BUKAN RUANG KOSONG

Peter Prove pernah datang tahun 1999 waktu maraknya Orang Papua minta Referedum. Waktu itu Mantan Ketua Sinode GKI, Pdt. Herman Saud antar Pa Peter Prove ke Uskup Leo, dan saya di Wamena Gembala GIDI merangkap Ketua Klasis , Pa Peter Prove lihat dan kembali.

Peter Prove telah datang 20 tahun sebelumnya kemudian (18/02/2019) Dewan Gereja Dunia datang lagi dengan Rombongan yang lebih besar lagi diantaranya; Dewan Gereja Pasifik , Keuskupan Australia dan Dewan Gereja Papua jemput langsung di Bandara Sentani. selanjutnya menuju ke Wamana melihat Pengungsi dari Nduga.

Dia tau semua berita-berita tentang Papua , sebelum tinggalkan Papua, Pa Peter Prove katakan :

” Situasi HAM Papua Dulu dan Sekarang Sama.” Oleh karena itu kita Jangan DIAM.

BACA JUGA  APAKAH BENAR KEKERASAN DI PAPUA DILAKUKAN OLEH TPN-PB ?  ADA 11 TUJUAN KONFLIK KEKERASAN NEGARA DI PAPUA

Janganlah kamu diam karena takut kepada mereka yang dapat membunuhmu. Cukup sudah 58 tahun kamu diam.

  1. Pelanggaran HAM Orde lama: Presiden Soekarno terjadi Pepera thn 1969 dan Penandatanganan Kontrak kerja Freeport pada 7-April 1963 .
  2. Pelanggran HAM Orde baru era Presiden Soeharto : Bubarkan Negara bangsa west Papua, Transmigrasi penuhi tanah Papua dan Ruang Demokrasih atau Penegakan HAM tdk mendapatkan tempat
  3. Pelanggaran HAM Era Reformasih era Presiden Habibie dan Gusdur buka Revormasih terbuka lebar kembali tetapi Pelanggaran HAM Trus berjalan Biak berdarah, wamena berdarah, Abepura berdarah, Nabire berdarah dll.
  4. Otsus era SBJ dan Presiden Jokowi Bpk Theis Hiyo Eluway di bunuh oleh kopasus tgl 10-11-2021, Oprasih Militer sampai hari ini thn 2022 banyak pengungsi Pendeta di tembak mati masyarakat sipil kehilangan tempat tinggal.
  5. Pelanggaran HAM era Otsus kedua mengingatkan kita bunyi LONCENG OAP Menuju kepunahan.
BACA JUGA  PERUNDINGAN INDONESIA-ULMWP DIMEDIASI PIHAK KETIGA YANG LEBIH NETRAL ADALAH SOLUSI PERDAMAIAN PERMANEN

Bukan rahasia lagi media- Media Indo. dipenuhi berita yang bernada kepalsuan terhadap Orang Papua . Ingat , lambat atau cepat – percaya atau tdk orang PASTI Keluar dari pemerintahan Firaun Moderen ini .

Kita harus bersuara melawan ketidakadilan di negeri ini. Jika ada istilah, jagad Indonesia mulai bermunculan orang-orang yang tidak waras, penuh kebencian, mari yang waras bicara dengan suara yg lembut bicara Kebenaran , keadilan dan Kemanusiaan krn hak utk hidup manusia itu sama di hadapan Tuhan .

Kita harus bersatu dan jangan hidup terpolarisasi dengan berbagai identitas kelompok yang suprematif. Di tanah Papua , Siapapun anda kalau kulitmu hitam dan rambutmu kriting ? harus berani bersuara kepada si Pembunuh di negeri multikultural ini, krn negara tidak hadir dalam kasus-kasus pelanggaran HAM di tanah Papua.

Jayapura 25-2-2022 .

Oleh : Pdt Dorman Wandikbo.
Presiden GIDI.

Share :

Baca Juga

Reality/Fact

TNI-PORLI Sibuk Blokir Demo Rakyat Papua,  Menteri Dalam Negeri Dan DPR RI Sibuk Urus Pemekaran Provinsi-Provinsi Boneka Di Papua , Tetapi Diplomasi Luar Negeri Belum Berhasil Diblokir Dan  Dukungan  Komunitas Internasional Terus Meningkat Dari Waktu Ke Waktu
Foto Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua

Reality/Fact

PANDANGAN RASISME PARA JENDRAL DAN SIPIL DI INDONESIA: JENDRAL ALI MURTOPO, JENDRAL M.H. HENDROPRIYONO, JENDRAL BINSAR LUHUT PANJAITAN DAN AMBRONCIUS I.M. NABABAN

Reality/Fact

Lukas Enembe Gubernur Papua Adalah Manusia Berbudi Luhur, Guru Hati Nurani, Dermawan Sejati,  Pemimpin Pendiam & Jujur Di Planet Ini

Reality/Fact

Apakah benar dan masuk akal Amos Ky; Roby Yaam, Lukas Ky,  Yohanes Ky, Paulus Ky (Anak Yohanes Ky), Manfret Ky adalah pembunuh 4 anggota TNI di Maybrat ?
Dr. Socratez Sofyan Yoman, MA

Papua

Rasisme, Kapitalisme, Militerisme Merupakan Akar Konflik Dan Mesin Kekerasan Kolonialisme Indonesia Di Papua Sejak 1 Mei 1963

Reality/Fact

Indonesia Bangsa Kolonial Firaun Modern Secara Ilegal Menduduki Dan Menjajah Bangsa Papua
PGBBWP

Reality/Fact

Indonesia Sedang Menuju Kehancuran Dan 99% Rakyat Papua Menolak Pemekaran Provinsi Boneka Indonesia Di Tanah Papua 
Gembala DR. A.G. Socratez Yoman,MA

Reality/Fact

Dosa-Dosa Dan Kebohongan Para Penguasa Indonesia Terhadap Bangsa Papua