Home / Preaching

Tuesday, 19 April 2022 - 12:31 WIB

Kasih Dan Pengampunan Adalah Kekuatan Terbesar Dalam Hidup Setiap Orang

Gambar: Ilustrasi-(Kasih dan Pengampunan)

Gambar: Ilustrasi-(Kasih dan Pengampunan)

Refleksi Iman

KASIH DAN PENGAMPUNAN ADALAH KEKUATAN TERBESAR DALAM HIDUP SETIAP ORANG

Oleh Gembala DR. A.G. Socratez Yoman,MA

Hargai orang lain supaya Anda dihargai. Menghormati orang lain supaya Anda dihormati. Mengakui orang lain supaya Anda diakui. Mengasihi orang lain supaya Anda dikasihi. Mendukung orang lain supaya Anda juga didukung. Meneguhkan orang lain supaya Anda diteguhkan. Membela orang lemah supaya Anda didoakan dan dibela orang orang lemah dari keluhuran hati mereka dan airmata orang lemah menjadi kekuatan Anda. Karena mata TUHAN tertuju pada airmata mereka dari kelemahan mereka.

Dalam hidup ini ada salah satu prinsip yang perlu dipelihara dan dirawat dalam hidup Anda dan saya ialah jangan pernah menyimpan dendam dan kebencian kepada orang lain yang sudah berbuat jahat kepada kita. Kalau Anda dan saya menyimpan rasa kebencian dan dendam kepada orang-orang itu, berarti Anda dan saya bukan manusia bebas atau manusia merdeka. Tetapi, Anda dan saya berada dalam penjara dan kekuasaan orang itu atau Anda dan saya menjadi orang-orang tawanan  penjara dari orang yang kita benci dan dendam atau Anda menjadi budak orang itu.

BACA JUGA  Refleksi Teologis Hawa Perempuan Luar Biasa Yang Berjuang Di Taman Eden  (Kej. 3:2,3)

Karena itu, syarat penting untuk membebaskan diri dari tawanan orang-orang itu, kita harus melakukan PENGAMPUNAN dengan KASIH yang tulus dan tinggalkan “sampah-sampah busuk yang namanya dendam dan kebencian:  kita membebaskan diri dan kembalikan energi baru untuk menjadi berkat. Anda harus mengatakan: “Saya mengampuni dan mengasihi Anda. Ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan kepada Annda.”

TUHAN Yesus Kristus sudah mengajarkan kepada Anda dan saya: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” (Lukas 23:34).

KASIH dan PENGAMPUNAN itu sesungguhnya KEMENANGAN terbesar dan luar biasa.  Anda sudah meraih kembali dan memiliki kekuatan yang paling ampuh dalam hidup Anda. Karena dendam dan kebencian itu seperti “cancer” ganas yang selalu melumpuhkan dan membunuh serta menghancurkan semua talenta dan karunia dari TUHAN yang kita miliki. Anda akan merasakan betapa sehatnya dan kuatnya hati dan pikiran Anda setelah melepaskan kebencian dan dendam seperti sampah busuk yang dipikul selama ini. Sekarang, Anda orang merdeka dan bebas.

BACA JUGA  Apakah Dalam Ibadah Paskah Kebangkitan Yesus Kristus Pada 17 April Ada Yang Berdoa  Di Mimbar Untuk Papua Merdeka , ULMWP, TPN-PB, KNPB?

KASIH dan PENGAMPUNAN adalah kekuatan terbesar dalam hidup manusia. Anda dan saya selalu menjadi sumber kekuatan buat keluarga, gereja, dan masyarakat luas, karena, ada KASIH dan PENGAMPUNAN dalam hidup Anda dan saya. KASIH dan PENGAMPUNAN mengantar Anda  dalam kemenangan demi kemenangan dan sukacita demi sukacita yang abadi dan itu harta berharga milik Anda yang tidak akan dirampas oleh orang lain dari kehidupan Anda. Coba sekarang: KASIHILAH MUSUHMU, BUANGLAH KEBENCIAN DAN DENDAM DAN AMPUNILAH DIA. SEKARANG ANDA ORANG PEMENANG SEJATI.

Doa dan harapan saya, renungkan singkat ini menjadi berkat.

Waa….Waa….Kinaonak.

(Tulisan ini diambil dari Naskah buku berjudul: KUASA KATA-KATA MENGUBAH DUNIA).

========

Ita Wakhu Purom, 19 April 2022

Penulis:

  1. Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua.
  2. Anggota: Dewan Gereja Papua (WPCC).
  3. Anggota: Konferensi Gereja-Gereja⁰ Pasifik (PCC).
  4. Anggota Baptist World Alliance (BWA).

Share :

Baca Juga

pdt-socratez-sofyan-yoman

Preaching

Renungan : Kesombongan & Kerendahan Hati ( Baian 1)

Preaching

KHOTBAH PEMBERKATAN NIKAH GEREJA BAPTIS ITA WAKHU PUROM

Preaching

Gereja-Gereja Di Tanah Papua Menghadapi Kekuasaan Pemerintah Indonesia Yang Rasis, Fasis, Otoriter, Totaliter Dan Militeristik Selama 61 Tahun Sejak 19 Desember 1961

Preaching

Tuhan Yesus Tidak Melarang Papua Barat Meredeka
SEKOLAH SEMINARI BAPTIS PAPUA

Preaching

TEMA: JANGAN TAKUT DAN GENTAR MELAWAN HUKUMAN RASISME
pdt-socratez-sofyan-yoman

Preaching

Sudah Waktunya Kekuatan Injil Bersuara Mendukung Perjuangan Kemerdekaan Papua Barat
IMAGE

Preaching

TEMA: JANGAN MEMBUNUH DAN MENCURI (Keluaran 20:13,15).
pdt-socratez-sofyan-yoman

Preaching

Iblis Raja Adalah Pembohong/Penipu, Pembunuh, Pencuri, Sombong Dan Angkuh