Home / Papua

Friday, 29 July 2022 - 02:07 WIB

Para Guru Adalah Wajah Dan Mata Tuhan Allah Dalam Dunia Realitas

Foto Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua. Gembala DR. A.G. Socratez Yoman,MA

Foto Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua. Gembala DR. A.G. Socratez Yoman,MA

Tulisan ini untuk para guru

PARA GURU ADALAH WAJAH DAN MATA TUHAN ALLAH DALAM DUNIA REALITAS

Oleh Gembala DR. A.G. Socratez Yoman,MA

TUHAN Yesus berkata kepada para murid-murid-Nya dan kepada para guru dewasa ini:

“Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu” (Yohanes 13:13-15).

Para pembaca yang mulia dan terhormat, terutama para guru atau pendidik dimana saja Anda sedang menjadi seperti bintang yang bercahaya dan lilin yang bersinar. Anda semua adalah wajah Tuhan dan mata Tuhan, telinga Tuhan, dan kaki dan tangan Tuhan dalam dunia realitas saat ini.

Para guru dan pendidik yang mulia, Anda seperti satu batang lilin yang menyala dan dari satu lilin yang menyala itu Anda sedang menyalakan lilin-lilin yang belum menyala, supaya semua lilin itu bersinar.

BACA JUGA  KEBENARAN TIDAK PERLU DIBELA, KEBENARAN MEMBELA DIRINYA SENDIRI

Para guru dan pendidik adalah “rabi” dalam bahasa Ibrani yang artinya “orang-orang mulia, yang menduduki jabatan terhormat.”

Para guru dan pendidik adalah “didaskalos” dalam bahasa Yunani yang berarti “orang yang memiliki kuasa mulia sebagai pengajar yang didengarkan oleh orang banyak.”

Para guru Kristen dan Non-Kristen perlu menyadari bahwa tugas keguruan dan pengajaran yang diembannya itu panggikan TUHAN Allah, yang sama derajat dengan tugas nabi, rasul, penginjil, atau gembala sidang (pendeta), haji, ustatz.

Oleh sebab itu, setiap guru perlu melihat dan menyakini bahwa tugas panggilan dan keguruan adalah kesempatan emas untuk menjadikan dirinya sebagai saluran berkat Allah bagi peserta didik untuk menjadi surya-surya yang dapat menyinari kegelapan.

Para guru dan pendidik selalu menuntun setiap orang ke jalan yang benar untuk melihat terang. Karena “Kebodohan menyesatkan jalan orang” (Amsal 18:3).

BACA JUGA  SISTEM POLITIK DI PEGUNUNGAN ITU SISTEM BIG MAN DENGAN BANYAK ISTILAH SEPERTI AP KAIN (HUBULA), AP DUNGON/AP SUWON (YALI), TONOWI (MEE), SONOWI (MONI), DLL

Para guru dimana saja Anda berada. “…kamu bercahaya diantara mereka (murid-muridmu) seperti bintang-bintang yang bercahaya” (Filipi 2:15b).

Para guru menyatakan kebenaran dari hati dan pikiranmu untuk memerdekaan anak-anak didik. “…kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu” (Yohanes 8:32).

Para guru adalah bibir atau lidah TUHAN yang menyatakan kebenaran, kasih, dan kedamaian dan menggembalakan banyak orang ke jalan benar, terang dan baik. ” Mulut orang benar adalah sumber kehidupan…Dibibir orang berpengertian terdapat hikmat…Lidah orang benar seperti perak pilihan…Bibir orang benar menggembalkan banyak orang” (Amsal 10:11, 13, 20, 21).

Tulisan ini sebagian dikutip dari Buku yang berjudul:

“YESUS SANG GURU AGUNG” karya DR. Socratez S.Yoman.

Jika para guru berminat untuk memperoleh buku ini:

Hubungi/Kontak Bapak Manius Wenda, S.Pd. di Dinas P & Provinsi Papua ( 081240219158).

Selamat melaksanakan tugas para pahlawan tanda tanpa jasa. I love you all very much.

Ita Wakhu Purom, Jumat, 8 Juli 2022

Share :

Baca Juga

Papua

Seorang Petani Tua Dari Kampung Membawa Tikus-Tikus Dalam Karung Dan Seorang Profesor Yang Terdidik Dalam Perjalanan Di Sebuah Bis Mewah

Open Letter

Dewan Gereja Papua (WPCC) mengutuk Presiden Jokowi dalam surat terbuka News | 15 Juni 2021

Papua

NOKEN PAPUA BERISI TULANG BELULANG BANGSA PAPUA DI TANGAN IBU NANAIA MAHUTA MENLU NEW ZEALAND
Foto Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua.

Article

“KETIKA IR. SUKARNO DAN KAWAN-KAWANNYA MELAWAN PENJAJAHAN, IA DAN KAWAN-KAWANNYA DISTIGMA SEPARATIS OLEH KOLONIAL BELANDA.
pdt-socratez-sofyan-yoman

Papua

SEMINARI BAPTIS NORMAN SHEILA DRAPER PAPUA (SB NORMSHED PAPUA)
pdt-socratez-sofyan-yoman

Papua

Lukas Enembe, Gubernur Papua Adalah Wajah Tuhan Dan Suara Tuhan Yang Nyata Di Tanah Papua

Papua

West Papua Korban Konspirasi Politik Demi Kepentingan Sumber Daya Alam
pdt-socratez-sofyan-yoman

Papua

KOMUNIS CHINA LEBIH MANUSIAWI DAN MENGHORMATI KESETARAAN MANUSIA